Banner

Friday, June 13, 2008

PROFIL SMP

Nama :
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Tahun Berdiri :
SK nomor 421.2/7035/402.4.9/2002Tanggal 20 Agustus 2002
Alamat :
Jl. Taman Bhaskara Utara, RT 7/RW 02Kelurahan Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya
Status Akreditasi : A
Fasilitas
  • Ruangan Kelas (tiga lantai) ber-AC
  • Ruang Kepala Sekolah
  • Ruang Guru
  • Ruang Biro Psikologi dan BP
  • Ruang Pembelajaran SMP
  • Ruang KomputerRuang Laboratorium IPA
  • Ruang Laboratorium Bahasa Inggris
  • Ruang Pusat Sumber Belajar
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang Sanggar Musik
  • Ruang UKS
  • Ruang Sanggar Pramuka
  • Ruang Galeri Seni
  • Masjid
  • Kantin
  • Taman Bermain
  • Kamar Mandi
  • Lapangan Bola Basket
  • Lapangan Sepak Bola
  • Lapangan Bulu Tangkis
  • Lapangan Bola Voli
  • Arena Lompat Jauh
  • Arena Lompat Tinggi

Program Sekolah

Intrakurikuler

  • Pendidikan Agama Islam
  • Al-Quran
  • Takhfizul Quran
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Biologi (IPA)
  • Fisika (IPA)
  • Geografi (IPS)
  • PKn (IPS)
  • Pendidikan Jasmani
  • Bahasa Inggris
  • Komputer
  • Jurnalistik (suplemen)
  • Leadership
  • Bioteknologi (suplemen)

Jam Belajar

Kelas VII-IX :
Pukul 07.00 - 14.50 WIB

Keterangan:
Tilawatil Quran selama 60 menit masuk dalam jam belajar. Setelah proses pembelajaran, diakhiri dengan Shalat Ashar berjamaah. Ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam belajar.

Model Pembelajaran

Pembelajaran lebih menekankan pada pemahaman terhadap karakter anak dengan melihat database yang dimiliki oleh anak tersebut melalui biro psikologi. Setelah diketahui mengenai karakter anak, maka ditentukan model pembelajarannya, yang meliputi:

  • Pembelajaran Kontekstual
  • Pembelajaran Kolaborasi
  • Pembelajaran Ramah Guru dan Ramah Anak
  • Pembelajaran Peta Konsep
  • Pembelajaran Quantum
  • PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

Untuk mendesain model pembelajaran di atas, maka disiapkan rancangan pembelajaran dengan pola:

  • Field Trip
    Melakukan kunjungan ke objek secara langsung. Atau dengan kata lain, melakukan pembelajaran di luar kelas. Hal ini untuk pembelajaran kontekstual. Anak diajak ke alam nyata, bukan hal yang abstrak.
  • Guru Tamu
    Guru tamu ini tentunya orang-orang yang sudah dianggap mampu di dalam bidangnya. Guru tamu ini bisa diambil dari tenaga professional, wali murid yang kompeten, atau bisa guru dari sekolah lain. Model pembelajaran ini mengaktifkan semua indera siswa melalui pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, intelektual).
  • Model Evaluasi
    Penilaian yang dilakukan tidak hanya secara kuantitatif (berdasar angka). Penilaian juga dilihat secara kualitatif (dalam bentuk narasi). Penilaian juga tidak hanya didasarkan pada kemampuan kognitif, tetapi juga afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian seluruh aspek kemampuan anak akan dievaluasi.

No comments: