Banner

Thursday, June 12, 2008

Visi, Misi dan Tujuan

Memantapkan perkembangan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan menyongsong Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka mulai tahun pelajaran 2006-2007, Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya memulai dengan mendesain pembelajaran dengan arah membangun karakter (Character Building). Untuk itu, langkah yang dilakukan adalah menyusun buku pelajaran sendiri, khususnya untuk Kelompok Bermain, TK, dan SD kelas 1 dan 2 berdasarkan materi esensial yang dikembangkan melalui "Joyfull Learning" dengan berbagai pendekatan pembelajaran sesuai dengan karakter anak.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sudah diberlakukan mulai tahun pelajaran 2007/2008. Kurikulum ini lebih mengembangkan potensi sekolah. Kurikulum yang berpijak pada visi, misi, serta tujuan pendidikan di sekolah masing-masing. Hal ini kami sambut dengan senang, karena sejak awal, pembelajaran di Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya selalu berangkat dari visi, misi, serta tujuan pendidikan sekolah.
Visi:
Pendidikan berwawasan masa depan yang diselenggarakan secara professional dengan mengintegrasikan IPTEK dan IMTAQ dalam mempersiapkan cendekiawan muslim.
Misi:
Pelaksanaan da'wah Islamiyah sebagai amanah Allah SWT dengan menyelenggarakan pendidikan akhlaq mulia dan penguasaan dasar-dasar ilmu pengetahuan serta penanaman semangat pembaharuan dalam rangka mempersiapkan cendekiawan yang menguasai pengetahuan dan teknologi.
Tujuan:
Mewujudkan cendekiawan muslim yang taqwa dan berakhlaq mulia, sehat jasmani dan rohani, cerdas, cakap, dan terampil, penuh percaya diri, memiliki kepribadian yang kuat, berwatak pejuang dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri dan keluarganya serta bertanggung jawab atas pembangunan ummat dan bangsa berdasarkan iman dan taqwa serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Berangkat dari visi, misi, dan tujuan, maka ada rencana strategi (renstra) untuk mewujudkan itu semua. Pertama, menyusun sebuah target khusus (special goal) setiap jenjang pada setiap unit. Special goal yang disusun mengacu pada kualitas output, yang meliputi: kualitas agama, akademik, Bahasa Inggris, kebangsaan, dan keterampilan. Semua dijabarkan dalam program khusus secara berkelanjutan. Kedua, menyusun perangkat yang berupa buku panduan belajar, yang disebut "Study Guide" dan pendukung lainnya. Ketiga, menyusun kerangka alur pembangunan karakter (character building) melalui langkah yang terukur.

No comments: